3 Rahasia Dalam 15 Menit Merubah Lampu Skutermu Jadi Terang,,Gak Percaya ????

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Setiap kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat pasti membutuhkan penerangan saat di malam hari,terlebih roda dua sekarangpun harus menyalakan Head Lamp ( Lampu ) walaupun saat siang hari.
 Dalam headlamp tersebut terdapat dua tipe pencahayaan, yakni : lampu dekat dan lampu jauh. Ini sudah menjadi standarisasi dunia sejak lama untuk semua kendaraan baik roda dua ataupun empat, selain itu secara fungsional: lampu dekat digunakan untuk menerangi jalan yang penerangannya cukup pun saat melintasi jalan yang berlubang. Untuk lampu jauh digunakan pada saat vespa melintasi jalanan yang tidak ada sama sekali penerangannya, ini dimaksudkan agar pengendara vespa bisa leluasa memacu vespa tersebut dan pastinya agar lebih aman.


Namun apabila pencahayaan atau penerangan pada Vespa mengalami pelemahan, seperti pencahayaan redup atau bahkan mati total karena konsleting pada arus listrik lampu, maka mau tidak mau vespa tersebut tidak layak digunakan pada malam hari dikarenakan cukup membahayakan keselamatan pengendaranya. Ini biasanya terjadi pada vespa yang sudah tua, seperti Vespa Super, Vbb, PS, PTS, dan beberapa varian vespa lain yang diproduksi di bawah tahun 1980.

Dalam komponen arus listrik vespa terdapat beberapa bagian, seperti: aki, kiprok/regulator, dan spul, namun untuk vespa-vespa lawas, sistem peredam listrik (kiprok/regulator) dan aki belum ada, jadi hanya mengandalkan pada kekuatan spul. 

Spul lampu merupakan perangkat penting pada vespa lawas dan sangat rentan mengalami konsleting atau pelemahan, karena spul ini menjadi tumpuan utama pada kinerja listrik lampu. Sejatinya spul merupakan perangkat yang membangkitkan arus listrik, dan kecil besarnya arus bergantung pada lilitan spul tersebut. 

1. 



Ini merupakan bentuk standar dari spul vespa yang belum menggunakan peredam listrik (regulator), terdiri dari tiga buah, seperti: spul api, spul lampu dan spul lampu kecil.  
Ketiga spul ini mempunyai peran masing masing, tentunya besaran arus pun berbeda, untuk itu saya akan menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan yaitu meningkatkan arus yang dikeluarkan oleh spul agar lampu pada Vespa menjadi lebih terang.

Untuk membuat lampu motor vespa masbro menjadi terang, Sobat Skuter cukup memaralelkan 2 buah spul lampu besar dan menambahkan 2 buah dioda, jadi untuk spul lampu kecilnya tidak di pakai. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini: 

2. 



Bandingkan dengan gambar pertama dan kedua, untuk gambar kedua Spul C tidak dipakai (tidak ada). Penggunaa dioda pada metode ini adalah sebagai penyetabil dan penyearah, jadi masbro akan merasa tenang sebab lampu masbro tidak cepat panas dan akhirrnya putus 

3. Gambar di bawah adalah gambar pemasangannya




Sobat Skuter,mudah bukan untuk merakitnya agar lampu Sobat semua terang,silahkan Sobat skuter sekalian praktekan di rumah tanpa repot pergi ke bengkel,dan pastinyapun lebih hemat.

Silahkan share jika di rasa bermanfaat untuk Sobat Skuter sekalian.


BACA JUGA : 






Sumber :  vespaindonesia.net


ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "3 Rahasia Dalam 15 Menit Merubah Lampu Skutermu Jadi Terang,,Gak Percaya ???? "

Posting Komentar